"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 29 April 2013

Serdadu Kumbang dalam Perspektif Psikologi Sekolah (Bag 4/6)




Oke, analisis ketiga saya tentang film Serdadu Kumbang kali ini mengenai besarnya peran seorang “Agen of Change” dalam merubah kehidupan, kebiasaan, pola pikir, bahkan keyakinan pada diri Amek dkk. Oia, tentunya perubahan kearah yang lebih baik alias positif. 

Merasa menjadi Agen of Change haruslah  wajib ada di setiap benak seseorang yang menginginkan perubahan positif di lingkungan termasuk pada benak kita masing-masing. Dengan memiliki perasaan demikian, kita akan mampu menjadi pioner dalam perubahan tanpa menunggu orang lain untuk bergerak terlebih dahulu. 

Yups, seperti apakah peran Agen of Change dalam film ini? Berikut, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua yang menginginkan perubahan dalam kebaikan. Ok, this is it…


Analisis 3
Agen of Change 
Agen perubahan atau lebih popular dikenal sebagai “Agen of Change” ialah satu/sekelompok orang yang memiliki peran besar untuk memicu terjadinya perubahan-perubahan positif dalam suatu komunitas. Dalam film ini, sosok bu guru Imbok memiliki peran yang banyak dan beragam bagi kehidupan murid-muridnya terutama Amek dan keluarga. Maka, di sini saya menyimpulkan bahwa sosok yang dianggap pas berperan sebagai Agen of Change adalah bu guru Imbok.

Salah satu sifat seorang  Agen of Change adalah peka terhadap permasalahan yang ada sehingga tahu mana yang harus diubah, dihilangkan, atau dipertahankan. Sosok bu Imbok sangat memahami bahwa siswa dan orangtuanya mayoritas menganggap remeh sekolah dan memandang sekolah itu tidak penting. Untuk itulah di dalam film ini, sang guru mencoba mengajarkan membaca kepada penduduk. Ketika penduduk merasakan sulitnya belajar membaca, sang guru mulai memasukkan sugestinya kepada para orangtua bahwa membaca itu susah, sehingga sekolah sebagai tempat belajar bagi anak-anak itu sangatlah penting untuk itu harus didukung penuh terutama oleh orangtua.

bu Imbok tak hanya mewarnai dunia pendidikan Amek dkk
namun juga kehidupan sosial mereka

Agen of Change juga merupakan seseorang yang sangat menyadari bahwa setiap orang atau setiap pihak itu saling “terkoneksi” satu sama lain. Artinya ia mampu memanfaatkan lingkungan demi terciptanya perubahan yang lebih baik. 

Papin, turut serta membantu bu Guru Imbok untuk mendidik anak-anak

Sifat ini telah ditunjukkan bu guru Imbok dalam perannya di  film serdadu kumbang. Guru mampu memanfaatkan lingkungan anak didiknya untuk memberikan pendidikan baik mata pelajaran ataupun pendidikan moral. Sang guru juga menjalin kerjasama apik dengan Papin yang merupakan sesepuh sekaligus Ustadz di desa Amek untuk mengajarkan kebaikan dan sejarah kepada anak-anak di desa terutama anak didiknya.


Alhamdulillah, semoga memberi inspirasi dan motivasi kepada kita u/ bisa segera menjadi seorang Agen of Change, to be continued.. ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar