"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Sabtu, 02 Februari 2013

Learning, Education, & Training. Apa bedanya..?






Seringkali kita mendengar kata-kata : belajar (learning), pendidikan (education), serta pelatihan (training) dalam dunia Psikologi. Sekilas ketiga hal ini hampir sama namun faktanya sangatlah berbeda. Lantas, apakah pengertian, perbedaan, dan juga persamaan dari ketiga hal ini.? Sedikit informasi berikut semoga bisa memberi pencerahan.


A.    Pengertian Learning, Education, & Training

  1. Belajar (learning) adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku. Merupakan sebuah proses perubahan dalam diri manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
  2. Pendidikan (education) merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah (formal) dan di luar sekolah (non formal), bersifat sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memaikan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang. 
  3. Pelatihan (training) adalah keseluruhan kegiatan yang sudah direncanakan secara matang dan mempunyai suatu format pelatihan yang terstruktur. Pelatihan dirancang dalam menanggapi kebutuhan-kebutuhan yang teridentifikasi, bertujuan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.


B. Persamaan Learning, Education, & Training

  1. Sama-sama proses utama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, baik pembelajaran maupun pengajaran merupakan aktifitas yang paling utama. Karena keduanya merupakan proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar (guru) dan peserta didik (siswa) yaitu saling bertukar informasi. 
  2. Menggunakan guru sebagai pelaku, transfer dan pembimbing . Peran yang dimiliki oleh seorang guru dalam tahap ini adalah sebagai fasilitator dengan kata lain ialah sebagai pelaku dalam pentransferan pengetahuan sekaligus sebagai pembimbing. Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi harus menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar (facilitate of learning) kepada seluruh peserta didik. Proses pembelajaran yang akan disiapkan oleh seorang guru hendaknya terlebih dahulu harus memperhatikan teori-teori yang melandasinya, dan bagaimana implikasinya dalam proses pembelajaran. 
  3. Tujuannya sama-sama untuk perubahan atas sikap dan prilaku. Keduanya bertujuan untuk memperoleh suatu perubahan yang dilakukan secara sadar dan untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya dan menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu dan latihan berinteraksi dengan lingkungannya.

C.     Perbedaan Learning, Education, & Training
  1. Pendidikan (education) bertujuan umum yaitu untuk perubahan perilaku & ketermpilan sosial, memerlukan proses cukup lama, berlaku untuk semua orang/umum, bersifat longlife/seumur hidup, berjenjang, hasilnya adalah manusia yang berilmu dengan perilaku positif. 
  2. Pelatihan (training) bertujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keterampilan (profesi), memerlukan proses hanya sebentar, berlaku untuk orang-orang tertentu saja, merupakan bentuk praktek, bersifat sementara namun bermakna/berarti, hasilnya adalah peningkatan keterampilan dalam bidang tertentu.
  3.  Pendidikan dan pelatihan untuk mencapai tujuan di atas melalui proses yang disebut pembelajaran (learning).

sumber : tugas akhir makul desain-pelatihan_PsikologiUMS2012_M.RezaPutra_dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar