"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 06 Februari 2012

My PaperCraft (2nd) : Kamen Rider Decade



Assalamu’aliakum.wr.wb..

Yups, salam Henshin (ada yg tahu Henshin itu apa..? Em.., ya sudahlah..). Yo.., bertemu kembali di rubrik hobi saya terkait dengan craft-craft-an kertas. Perlu diketahui, craft yang kan saya share ini adalah seni lipat dan tempel kertas berupa miniatur hero asal Jepang yakni Kamen Rider (satria baja item klo bahasa Indonya). Pada kesempatan kali ini akan saya share papercraft kedua kreasi saya setelah papercraft pertama dulu sempat saya share di rubrik sebelumnya dg model Kamen Rider W. Dan kali ini model naas yang akhirnya menjadi korban saya adalah Kamen Rider Decade. Di bawah ini adalah gambar aslinya..


Kamen Rider Decade 1

Kamen Rider Decade 2

Sekedar Info (nggak penting sakjane tp dibaca sja ya!) : Kamen Rider Decade yg lahir taun 2010 lalu adalah dalang dibalik ‘maniak’ nya saya dengan tokoh2 Rider sampe sekarang (ini nih tersangka utamanya). Saya nonton serial Kamen Rider terakhir SD klo ndak salah & yg maen kala itu adalah si Kuuga. Nah, gara-gara iseng nonton movie-nya Decade yang sarat imajinasi dan keren (sekaleee..) itu, pada pertengahan tahun lalu, akhirnya saya mulai jatuh cinta dengan robot-robot ini (tapi bisa dipastikan saya lebih cinta dengan Allah swt, keluarga, sodara, teman dan istri saya kelak, hehe..). Bayangkan..!! (ayo semua pada bayangin ya..!!?), ternyata baru beberapa bulan lalu lho saya mulai tertarik dengan ni Kamen, itupun baru sekali nonton, dan sayangnya sampe skarang masih terbawa, duh..duh.. Sob.., jadi seperti itulah kronologis tragis’ ceritanya. Jadi harap dimaklumi sodara-sodara sekalian.. (huhuhu.., -_-!!!)

Yups.., kembali ke bahasan utama. Untuk membuat sebuah papercraft dibutuhkan, alay.. eits, salah pencet (y dan t di keyboard bertetangga) maksudnya alat, dan bahan sama seperti postingaan saya terdahulu, yatu kertas folio A4 (minim 2 lembar) u/ cetak sketsanya, gunting kertas (alternatip lain boleh pake gunting rumput, hehe..), perekat alias lem kertas, and satu lagi yaitu double’tape’ (boleh pake tape ketan, tape ireng, tape singkong, atw tape recorder, hihi..)

Oks, setelah semua tadi siap, sekarang akan saya perkenalkan dengan “template” atau sketsa gambar yang akan kita print terlebih dahulu. Perlu diketahui klo sketsa ini adalah hasil editan saya dari template asli Kamen Rider W (craft saya yg pertama). Maka harap maklum klo hasilnya ndak bagus-bagus amat (asal ndak amit-amit sja, hehe..)  So.., gambar dibawah (klik untuk gedein gambarnya), silakan diperhatikaan dengan seksama dan dengan tempo sesingkat-singkatnya :


Keterangan Template 1 :
1.Kepalan tangan kiri, 2.Kepalan tangan kanan, 3.Leher, 4.Kepala, 5.Penyambung kepala dan leher, 6.Mulut, 7.Pinggang (body bawah), 8.Armor dada (body atas), 9.Ikat pinggang


Keterangan Template 2 :
10.Lengan kanan, 11.Lengan kiri, 12.Armor kaki kanan, 13.Armor kaki kiri, 14.Armor lengan kanan, 15.Armor lengan kiri, 16.Kaki kiri, 17.Kaki kanan, 18.Sepatu kiri, 19.Sepatu kanan, 20.Armor bahu kiri, 21.Armor bahu kanan

Gimana..? sudah jelas kahn..? Nah, intinya gambar tadi cukup di print saja, terus digunting perbagiannya, terus klo sudah rekatkan perbagian tadi terlebih dahulu (penempelan tahap pertama), terus.. terus.. terus lihat gambar ini saja ya..!! Ntar pokonya hasilnya gini nih :



Nah selanjutnya, silakan bagian-bagiaan yg sudah siap tadi di tempel satu persatu. Ini saya sebut sebagai penempelan tahap kedua. Bisa dilihat dari gambar dibawah ini arah penempelannya, kecuali kepala semua ditempel pakai lem, klo kepala tinggal taruh saja di leher. Oia, untuk tahap ini saya sarankan njenengan gunakan lem + doubletape agar lebih kuat..


Jika sudah ditempel perbagian, sudah bisa dibayangkan hasilnya kan..? Yang pasti kalo hasil kreasi saya hasilnya akan seperti ini. Oia, mohon maap sebelumnya, ada beberapa bagian yg saya buat manual (tdk dari template), yaitu warna hitam putih bagian armor bahu kanan/kiri belakang dan tanda cros hitam putih di punggung belakang. Wiz langsung saja, this is it..

Decade tampak depan

Decade tampak belakang

Decade tampak samping kiri

Decade tampak samping kanan

Jadi.., bagaimana..? Siip kahn.. Persis atau tidak dengan tokoh aslinya saya serahkan sepenuhnya kepada sodara-saodara. 

So.. demikian sedikit share hobi dari saya, mohon maap jika ada ketidaksempurnaa kata dan tulisan. Yups, semoga tulisan ini  bermanfaat dan tidak menyesatkan. Sukron and maturnuwouuuun..!!! Wasaalamu’laikum.wr.wb..

Ganbatte Kudasai, selamat mencoba ya..!!! ^_^



Next Episode (insyAllah) : Kamen Rider Zolda / Torque




5 komentar: