"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 04 Juni 2012

Lagi, Belajar dari Bunga Kamboja


 

by : Reza Putra

Belajar dari kamboja. Dahulu pernah saya posting tulisan seperti ini, tapi sekarang saya lebih serius, hehe..  Ya, saya kali ini benar-benar belajar dari bunga kamboja di pekarangan. Setidaknya ada  lima tanaman adenum alias kamboja di rumah saya serta beberapa ephorbia, dan tentunya alhamdulillah musim ini semua berbunga luar biasa. Seperti biasanya, musim-musim panas seperti ini memang waktunya si kamboja dkk untuk berbunga dengan bebas, mengekspresikan keindahannya. Hanya, entah mengapa bunga kamboja musim ini sepertinya tumbuh kian merah, merekah, dan tentu saja, begitu indah. Yah, mungkin hanya perasaan saya saja, tetapi musim ini saya suka.

Terlebih pada bunga kamboja yang satu ini. Ia tumbuh menjulur keluar dari gerbang rumah, seperti yang anda lihat, dengan warna merah-mudanya kian menyala. Sepertinya, seakan-akan ia ingin setiap orang yang melewati depan rumah melihat keindahan kelopaknya. Saya pun termasuk salah satu penikmat setianya. Ya, setiap akan kuliah, apalagi ketika jam pagi. Di kala akan menutup pagar, saya selalu berpapasan dengan ini kamboja. Dan benar, dia begitu menyala ,dan indah, membuat saya tidak bisa menahan senyum. Nah, kalau sudah begini, segera memandang langit menjadi kewajiban bagi saya, mendongakkan kepala ke atas, meski saat itu sudah memakai helm dan siap meng-gas motor. Semakin hayat memandang ke atas, senyum tadi terasa semakin nikmat saja. Ntah apa yang ada di langit sana, mungkin hanya cerahnya awan, tapi yang pasti hal itu membuat saya bahagia.


Yup, semenjak saat itu, inilah ritual pagi saya setiap akan berangkat kuliah, memandang langit dan menghirup udanya dalam-dalam, kemudian tersenyum lebar. Ya, tidak saya pungkiri lagi, jika sudah tersenyum, seakan-akan beban ini sebagian lepas begitu saja, tergantikan rasa optimis. Ya, tentunya rasa ke optimisan bahwa sang pencipta si kamboja ini akan memudahkan aktivitas saya hari ini. Ah.., rasanya begitu nikmat.

But.., sepertinya terlalu sederhana jika hanya itu pelajaran yang kita dapat dari si kamboja. Masih adakah? Tentu, malah ini yang penting. Tidakkah anda rasakan panasnya musim ini begitu menyengat? Ya, tak disangkal lagi. Seakan-akan seluruh area terasa gersang. Namun, jika anda mencoba melihat sudut lain, maka akan anda temukan si kamboja itu. Nah, lihatlah.!! Ia sedang bermekaran dengan indahnya. Ketika kebanyakan tanaman mulai gersang, kini saatnya ia kian berkembang.


Ganjil kah? Tidak juga, benar-benar tidak. Allah swt memang menciptakan kamboja untuk bungah di saat yang lain tak mampu merekah. Ya, sepertinya tak hanya itu kan? Allah ingin kita belajar dari makhlukNya ini. Kamboja yang indah saat semua menyerah, kamboja yang bisa saat semua kehilangan asa, dan kamboja yang mengkilau saat semua mulai galau. Ya, manusia itu, ibarat kamboja. Ia bisa indah, ia kelak kan bermekaran, ia dapat menyalakan kilaunya, ia mampu untuk membuat takjub, ia sanggup membuat pengamatnya tersenyum, di saat yang lain tak sanggup, di waktu yang lain menyerah, di kala yang lain malas, di masa yang lain terasa kelam.

Kita mungkin mirip kamboja, dan kita semua pun seakan memang seperti kamboja, hanya mungkin kita perlu lebih.., lebih dan lebih untuk telaten merawatnya, setia menjadikannya lebih baik, menjadikannya lebih bermakna. Untuk itu, mungkin sekaranglah saatnya kita, untuk mulai memupuk diri dengan keyakinan tinggi, istiqomah menyiramnya dengan keikhlasan, dan  setiap waktu memberikan padanya kehangatan cahaya ke optimisan. Jika sudah demikian, mungkin saja kita bisa menjadi lebih baik dari si kamboja, tetap tangguh menghadapi dunia yang semakin angkuh, insyaAllah..


Where there is a faith, there is a hope
(di mana ada iman, di sanalah ada harapan)


3 komentar:

  1. Alhamdulillah...Great. i like the last word..
    "whre there is a faith, there is a hope"

    BalasHapus
  2. Wokeeey, sukron pak..., semoga bermanfaat.. ^^

    BalasHapus
  3. Makasih ya atas infromasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali
    salam kenal dari Manfaat Kolang kaling

    BalasHapus