"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 18 Juni 2012

Cerpen-Fiksi-Misteri : Kisah-Kisah Tengah Malam




KISAH-KISAH TENGAH MALAM, merupakan judul buku terbitan Gramedia Pustaka yang berisikan cerpen-cerpen klasik paling laris karya dari pengarang terkenal Edgar Allan Poe. Edgar Allan Poe, pernah mendengar sang pengarang ini? Akan saya ceritakan sedikit tentang si pengaraang misteri ini.

Ya, mungkin anda ingat dengan postingan saya sebelumnya tentang synopsis buku Neraka Cermin karya Edogawa Rampo sang bapak misteri Jepang. Konon nama Edogawa Rampo sendiri diambil dari pengucapan nama penulis yang tidak lain dan tidak bukan ialah ia Edgar Allan Poe jika diterjemahkan dalam bahasa Jepang.

Edgar Allan Poe, meski hanya hidup 40 tahun saja (1809-1849), Poe seringkali dianggap sebagai penulis terbaik sepanjang masa. Gaya penulisan, teknik menulis, penggambaran detail adegan, sampai penjabaran psikis tokoh dalam cerita yang luar biasa, penuh ironi dan dark humor, mungkin menjadi penyebabnya. Boleh dibilang Poe adalah seorang penulis di masanya yang berhasil menorehkan genre baru dalam kesusastraan dunia, yakni genre suspen, horror, terror, atau seringkali kita sebut sebagai misteri.

Buku ini berisis tiga belas kisah-kisah klasik dan terkenal karya Edgar Allan Poe dari yahun 1833 bahkan hingga tahun terakhirnya hidup yaitu 1849. Saya katakan sekali lagi, bahwa misteri yang akan kita hadapi bukanlah misteri penuh mistis seperti apa yang sering kita saksikan di layar kaca. Ya, seperti kisah-kisah misterinya Edogawa Rampo, misteri dari Poe adalah misteri-misteri yang selalu penuh realistis, nyata, misterius, dan logis untuk dicerna, meski ada beberapa cerita yang terkesan lumayan mistis. Langsung saja, berikut sedikit banyak sinopsis kisahnya…

Kisah-kisah Tengah Malam (by reza putra) :

--Gema Jantung yang Tersiksa : kisah tentang seorang pembunuh berencana, ialah psicho yang dengan tega memutilasi korbannya yang sudah tua. Hanya yang jadi masalah adalah, detak jantung si kakek korbannya, yang sempat ia dengar sebelum meninggal, seakan-akan semakin terdengar keras dan kian keras meski jasadnya sudah jauh tertanam di bawah tanah. Semakin mendengarnya, ia semakin merasa gila.

--Pesan Dalam Botol : kisah tentang seorang pelaut yang terdampar di sebuah kapal hantu. Awak-awak kapal ini seakan tidak menggubris kehadirannya dan memilih beraktivitas sendiri. Sang pelaut yang sudah kehabisan harapan untuk pulang, akhirnya memilih diam-diam menyusuri kapal, hingga akhirnya ia temukan fakta yang mengejutkan, yang membawanya berlayar dengan kapal hantu itu, entah sampai kapan.

--Hop-Frog : kisah tentang seorang cacat yang menjadi tukang lawak raja. Kecacatan-nya seakan menjadi bahan tertawaan bagi sang Raja dan menteri-menterinya. Maka konspirasi besar pun ia siapkan untuk membalas dendam pada sang Raja dan bawahannya. Konspirasi yang begitu halus, hingga mereka pun tanpa sadar telah masuk ke dalam jebakan si cacat Hop-Frog dengan begitu mudahnya.

--Kotak Persegi Panjang : kisah tentang seorang seniman yang rela melakukan apapun demi karyanya. Sang seniman mengatakan ia menikahi seorang wanita cantik dan sopan. Hanya saat bertemu di kapal, orang yang mengaku istrinya ternyata jauh dari dugaan, malah sebaliknya. Sang seniman lebih terlihat mesra dengan karyanya yang dibungkus dalam bingkai besar itu daripada istrinya. Sepertinya karya itu begitu penting dan spesial hingga akhirnya, Ia pun mengorbankan nyawa demi seonggok bingkainya itu.

Yups, masih ada 9 kisah lagi, insyAllah akan saya sambung dalam postingan selanjutnya. Sebelum postingan itu terbit, pastikan anda sudah tuntas membacanya. Okee, selamat membaca dan selamat berpetualang di dunia imajinasi penuh misteri. Semoga bermanfaat..!! ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar