"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Selasa, 24 Mei 2011

ASERTIVITAS

Asertivitas adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain secara lugas dan terus terang, tetapi dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan orang lain. Dalam bersikap asertil, seseorang dituntut untuk jujur terhadap dirinya dan jujur pula dalam mengekspresikan perasaan, pendapat, dan kebutuhan, tanpa adanya memanipulasi, memanfaatkan, atau merugikan pihak lain.

Perilaku asertif merupakan bentuk pengembangan hubungan interpersonal yang bersifat memberi (menyatakan kebutuhan, perasaan, dan pikiran secara langsung, jujur, dan dalam kesempatan yang tepat), sekaligus juga menerima (mendengarkan secara aktif apa yang menjadi kebutuhan, pikiran, dan perasaan orang lain). Tujuan dari perilaku asertif adalah membuat proses komunikasi berjalan dengan efektif serta membangun hubungan yang setara dan saling menghormati. Perilaku asertif juga merupakan bentuk pemecahan masalah (problem solving). Intinya, saat kamu mampu tampil asertif, kecil kemungkinan kamu akan dipermainkan, digoda, ataupun diabaikan orang lain.

Ini ilustrasinya (antara Pasif, Agresif, dan Asertif) :
.....Tiga orang sahabat masuk ke sebuah food court lalu memesan makanan. Ternyata makanan yang dihidangkan berbeda dengan apa yang dipesan.
~Ahmad yang Pasif :
...."Diam seolah-olah tidak terjadi apa-apa, meskipun hatinya jengkel dan tidak senang karena makanan yang tersaji tidak sesui dengan pesanannya."
~Reza yang Agresif :
...."Langsung memanggil dan membentak pelayan, dia marah besar karena makanan yang disajikan tidak sesuai dengan pesanannya."
~Putra yang Asertif :
...."Memanggil kembali pelayan, lalu menyatakan dengan tenang bahwa makanan yang disajikan tidak sesuai dengan pesanan., kemudian meminta kesediaan pelayan untuk menggantinya."

Seberapa Asertif-kah Kamu?
>Apakah kamu terbiasa mengekspresikan secara jelas perasaan atau pandanganmu kepada orang lain..?
>Apakah kamu meminta pertolongan kepada orang lain di saat kamu membutuhkan..?
>Apakah kamu mampu mengekspresikan kemarahan maupun rasa ketidaksenanganmu kepada orang lain yang membuatmu marah dan sakit jati secara proporsional..?
>Apakah kamu suka bertanya kepada orang lain saat kamu kesulitan..?
>Apakah kamu mampu memberikan pandangan secara terbuka ketika merasa tidak sepaham dengan pendapat orang lain..?
>Apakah kamu sering berbicara di depan kelas / umum..?
>Apakah kamu mampu berkata ”tidak” saat temanmu mengajak jalan-jalan, padahal kamu tidak ingin..?
>Apakah kamu berbicara dengan sikap percaya diri dan berkomunikasi secara hangat..?
>Apakah kamu memandang lawan bicaramu ketika berbicara dengannya..?

ok, semoga bermanfaat ya..!!!


sumber: 99 ideas for happy teen, Deny Riana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar