"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 20 Februari 2012

Bad Mood




Apakah kamu pernah merasakan sangat terganggu tanpa sebab apa-apa? Atau tiba-tiba merasa nggak enak? Perasaan berubah dari sedih menjadi marah-marah dan tiba-tiba merasa senang hanya dalam hitungan menit. Hal tersebut dapat membuat remaja hilang kontrol. Lalu, mengapa emosi seperti roller coaster ini sering terjadi pada remaja?

Berhadapan dengan perubahan secara konstan dan tekanan adalah salah satu jawabannya. Mungkin saja saat remaja memulai hari pertamanya di sekolah baru dan ia nggak nemuin teman-teman lamanya. Atau terjadi saat timbul keinginan untuk naik tingkat atau menjadi lebih baik dalam olahraga atau aktivitas lainnya yang merupakan salah satu perhatian bagi remaja.

Menjadi remaja berarti berjuang dengan identitas dan self image (jati diri). Diterima di kalangan teman sangatlah penting. Remaja juga menganggap penting saat kalo pertama mereka harus terpisah dari orangtua maupun keluarga. Remaja mungkin saja berpikir pada saat inilah harus membuat keputusan sendiri dalam segala hal, tapi di sisi lain merasa terlalu percaya diri, dan merasa kesepian pada sisi lainnya dalam satu waktu.

Kebahagiaan dan kenikmatan yang dirasakan dapat juga bikin remaja ngerasa bingung dan mengalami konflik batin. Remaja memerlukan waktu untuk merasa nyaman saat memasuki masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Lingkungan pun mempengaruhi suasana hati dan keseluruhan cara memandang hidup.

Penyebab perubahan mood adalah faktor biologis. Saat pubertas dimulai, tubuh mulai memproduksi hormon kelamin. Hormon ini, progesteron dan estrogen pada gadis remaja dan testosteron pada remaja laki-laki, menyebabkan perubahan fisik pada tubuh remaja. Tetapi, seringkali pada beberapa kasus, perubahan tersebut juga menyebabkan perubahan emosi, naik-turun yang menyebabkan perasaan enggak terkontrol.

Perasaan terganggu atau short tempered bisa jadi tanda-tanda depresi. Begitu juga rasa bosan dan tidak punya harapan. Beberapa orang berpikir bahwa depresi dapat juga mempengaruhi mood, menjadi tidak sabar, gampang marah, atau bisa saja hanya sifat bawaan. Saat depresi mulai mengganggu orang lain, saat itulah kamu membutuhkan bantuan konsultan atau ahli terapi yang bisa membantu menghadapi perasaan tersebut.

>>Kontorl Diri<<
Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah ngendaliin perasaan yang sering berubah-ubah :

1. Sadari, bahwa diri kamu nggak sendiri

2. Aturlah napas, hitunglah napas sampai hitungan kesepuluh. Atau luangin waktu beberapa saat untuk nenangin diri, terutama saat marah. Bicaralah dengan orang yang kamu percaya. Teman dapat saling bantu dan menyadarkan kita bahwa kamu nggak sendiri, ada teman yang bisa diajak bicara.

3. Berolahraga, olahraga teratur membantu peningkatan produksi beta-endorphine, sebuah hormon yang ngontrol sterss. Misalnya lari pagi, tenis, atau bersepeda. Tidurlah yang cukup. Kelelahan dapat memicu kesedihan dan perasaan nggak enak.

4. Berkreasi, ikutlah kegiatan dalam bentuk proyek, misalnya menulis atau membuat jurnal, atau membuat sesuatu dari bahan kayu atau kertas. Khusus untuk menulis, dapat membantumu menuangkan pikiran dan persaan.

5. Menangislah, nggak ada yang salah dengan menangis. Faktanya, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Bagaimanapun, saat kamu sedang sedih, nggak enak hati, bosan dan tidak ada harapan, dan tidak mampu keluar dari perasaan-perasaan itu, waktunya bertemu penasihat atau dokter.

6. Menunggu, lewatin perasaan bad mood dengan menunggu. Perasaan itu bisa lewat begitu saja. Jika perasaan nggak enak atau negatif dirasakan terlalu lama dan mengganggumu saat bersosialisasi dengan lingkungan, bicaralah dengan penasihat di sekolah, orangtua, atau ahli terapi.


sumber : 99 ideas for happy teens


1 komentar:

  1. Alhamdulillah ya..
    Postingannya bermanfaat,

    Ada usul ni, gimana kalu menyarikan juga buku 99 ideas lainnya, setauku ada juga 99 ideas for happy life, 99 ideas for happy leader
    dan lain-lain

    Menulis tak bisa dipisahkan dari membaca.
    Yuk terus belajar!

    BalasHapus