"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Kamis, 01 November 2012

Metode Observasi Psikologi : "Checklist"





Metode Checklist adalah salah satu metode informal observasi dimana observer sudah menentukan indikator perilaku yang akan di observasi dari subjek dalam satu tabel. Checklist merupakan metode dengan dua cara pencatatan yaitu tebuka dan tertutup. Metode ini memiliki derajat selektivitas yang tinggi karena perilaku yang diamati sudah sangat selektif, juga memiliki derajat inferensi yang tinggi karena observer hanya fokus pada kategori perilaku yang sudah ditentukan saja.

Untuk memulai observasi dengan metode ini, terlebih dahulu observer harus menentukan indikator perilaku yang didapat melalui sumber-sumber baik berupa buku, jurnal, artikel ilmiah, maupun literatur-literatur lain sebagai dasar teori. Setelah itu, observer menjadikan satu seluruh indikator tersebut dalam satu tabel indikator dan menambahkan tabel diskripsi, serta tabel koding di sampingnya. Tabel diskripsi berfungsi sebagai tempat pencatatan perilaku anak secara spesifik. Pada saat observasi berlangsung, observer hanya memberikan tanda berupa plus (+) yang berarti perilaku muncul, atau minus (-) yang berarti perilaku tidak muncul pada tabel koding setiap kali perilaku yang tercantum dalam tabel indikator muncul dari subjek. Alasan dipilihnya metode ini adalah karena mudah dan simple serta mampu fokus hanya pada perilaku yang diinginkan terjadi.


Keuntungan  metode Checklist adalah sederhana untuk dilakukan. Selain itu, metode dengan adanya pencatatan pada diskripsi memungkinkan observer mengetahui konteks perilaku secara lengkap. Namun, kelemahan dari metode ini adalah metode ini sedikit menguras energi, karena selain observer mencantumkan koding pada tabel yang sudah disediakan, observer juga harus memberikan diskripsi perilakunya.
 

sumber : Laporan Praktikum IV_Makul Observasi_Psikologi UMS 2012_M Reza P


9 komentar:

  1. Sama-sama, smoga bermanfaat.. ^^

    BalasHapus
  2. ijin copas yah, buat tugas kuliah. post yang bermanfaat. sukron

    BalasHapus
  3. oyah kak,itu kalau format buat hasil observasi dan kesimpulan untuk metode ceklis gimana yah ?

    BalasHapus
  4. format checklist bis dilihat pda gambar di atas, bisa dibuat sendiri via ms.word/excel, indikator jg disesuaikan dengan perilaku apa yg mau diamati, untuk kesimpulan tinggal menggabungkan semua diskripsi hasil checklist..

    BalasHapus
  5. alhamdulillah semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  6. Sayang sekali tidak ada daftar pustaka.nya

    BalasHapus
  7. Mau tanya kak itu yang di tabel observasi aspek apa ya kak?

    BalasHapus
  8. Observation checlist teori dari mana ya?

    BalasHapus