Penyebab mendasar
hampir semua masalah komunikasi adalah bahwa -orang tidak mendengarkan untuk mengerti, melainkan kebanyakan mereka
mendengar untuk menjawab.
David Burns, dokter
medis dan professor psikiatri di Universitas Pennsylvania, berkata : “Kesalahan terbesar yang bisa Anda buat saat
berusaha berbicara dengan meyakinkan adalah memberikan prioritas tertinggi pada
mengekspresikan gagasan & perasaan Anda sendiri. Padahal, yang paling
diinginkan orang adalah didengarkan, dihormati, & dimengerti.” Jika Anda
ingin memenuhi kebutuhan orang dan membuat mereka merasa sangat berharga, Anda sangat
perlu untuk mendengarkan (menjadi pendengar yang baik).
yups, seperti inilah yg kebanyakan orang lakukan ^^
Salah satu ironi dari
menjadi seorang pendengar yang baik adalah bahwa mendengarkan orang lain dan
membuat mereka merasa dimengerti juga memberikan manfaat tambahan kepada Anda. Menurut
Burns, “Begitu orang melihat bahwa mereka
dimengerti, mereka menjadi lebih termotivasi untuk mengerti sudut pandang Anda.”
Dengan demikian, mendengarkan seseorang dengan hati Anda akan menghasilkan -situasi menang-menang- dalam membina hubungan / relasi terhadap orang
tersebut.
Lupakan
:
Berusaha membuat maksud Anda tersampaikan dan
curahkan energi Anda untuk memahami maksud orang lain
Tanyakan
:
Bagaimana saya dapat memahami apa yang dirasakan dan
dipikirkan orang ini dengan lebih baik?
Lakukan
:
Mendengarkan dengan agresif yaitu dengan menghapus
gangguan & berfokus pada sudut pandang orang lain
Ingat
:
Cara terbaik untuk membujuk orang lain adalah dengan
telinga Anda (dengan menjadi pendengar yang baik)
sumber
: John C. Maxwell & Les Parrot, Ph.D_25 Ways to Win With People
Tidak ada komentar:
Posting Komentar