"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Minggu, 03 November 2013

Listening for Understanding




Penyebab mendasar hampir semua masalah komunikasi adalah bahwa -orang tidak mendengarkan untuk mengerti, melainkan kebanyakan mereka mendengar untuk menjawab.

David Burns, dokter medis dan professor psikiatri di Universitas Pennsylvania, berkata : “Kesalahan terbesar yang bisa Anda buat saat berusaha berbicara dengan meyakinkan adalah memberikan prioritas tertinggi pada mengekspresikan gagasan & perasaan Anda sendiri. Padahal, yang paling diinginkan orang adalah didengarkan, dihormati, & dimengerti.” Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan orang dan membuat mereka merasa sangat berharga, Anda sangat perlu untuk mendengarkan (menjadi pendengar yang baik).

yups, seperti inilah yg kebanyakan orang lakukan ^^


Salah satu ironi dari menjadi seorang pendengar yang baik adalah bahwa mendengarkan orang lain dan membuat mereka merasa dimengerti juga memberikan manfaat tambahan kepada Anda. Menurut Burns, “Begitu orang melihat bahwa mereka dimengerti, mereka menjadi lebih termotivasi untuk mengerti sudut pandang Anda.” Dengan demikian, mendengarkan seseorang dengan hati Anda akan menghasilkan -situasi menang-menang- dalam membina hubungan / relasi terhadap orang tersebut.

Lupakan :
Berusaha membuat maksud Anda tersampaikan dan curahkan energi Anda untuk memahami maksud orang lain

Tanyakan :
Bagaimana saya dapat memahami apa yang dirasakan dan dipikirkan orang ini dengan lebih baik?

Lakukan :
Mendengarkan dengan agresif yaitu dengan menghapus gangguan & berfokus pada sudut pandang orang lain

Ingat :
Cara terbaik untuk membujuk orang lain adalah dengan telinga Anda (dengan menjadi pendengar yang baik)



sumber : John C. Maxwell & Les Parrot, Ph.D_25 Ways to Win With People



Tidak ada komentar:

Posting Komentar