"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Selasa, 05 November 2013

Memberi Nilai kepada Orang Lain




Semua berawal dari sikap Anda terhadap orang lain. Pakar hubungan antarmanusia Les Giblin, berkata, “Anda tidak dapat membuat sesana nerasa penting dengan kehadiran Anda jika diam-diam Anda merasa dia bukanlah siapa-siapa.” Bukankah begitu? Tidakkah Anda merasa sulit melakukan sesuatu secara baik untuk seseorang saat Anda tidak menyukainya?

Cara kita memandang orang sering kali merupakan perbedaan antara memanfaatkan dan memotivasi mereka. Kalau kita tidak mau menolong orang tetapi ingin mereka membantu kita, maka itu artinya kita mendapat masalah. Kita bisa dikatakan memanfaatkan orang saat kita menggerakkan mereka demi keuntungan pribadi kita. Dan sebaliknya, dikatakan memotivasi orang adalah saat kita mampu menggerakkan mereka untuk keuntungan bersama . Dengan demikian, menambahkan nilai kepada orang lain biasanya adalah persoalan menang-menang, tidak ada pihak yang kalah dan dirugikan.

 give your heart, to your friends
 

Bagaimana Anda memandang orang ? Apakah mereka merupakan calon penerima nilai yang bisa Anda berikan, ataukah mereka cenderung menyusahkan sepanjang jalan Anda menuju sukses? Penulis Sydney J. Harris berkata, “Orang ingin dihargai, bukan dibuat terkesan. Mereka ingin dianggap sebagai manusia, bukan papan pengumuman bagi ego orang lain. Mereka ingin diperlakukan sebagai tujuan, bukan sarana demi kepuasan keangkuhan orang lain.” Jadi, jika Anda ingin menambahkan nilai kepada orang lain, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menghargainya. 

Lupakan
Berusaha menjadi orang sukses, sebaliknya, jadilah orang yang bernilai.

Tanyakan
Siapa yang menambah nilai  pada hidup saya? Dan kepada siapakah saya ingin menambahkan nilai?

Lakukan
Buat daftar orang dalam hidup Anda dan catat  dengan jelas apa yang paling mereka hargai dari Anda.

Ingat
Jika Anda tidak sungguh-sungguh menghargai orang itu, dia tidak akan pernah menganggap kehadiran Anda penting.



sumber : John C. Maxwell & Les Parrot, Ph.D_25 Ways to Win With People
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar