"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Kamis, 14 Februari 2013

Kesabaran dan Kebijaksanaan - Sima Yi


Sima Yi_DinastyWarrior7


Menjelang akhir Masa Tiga Kerajaan (220-280), paukan Shu menyerang negara Wei. Pemimpin utama Wei, Sima Yi memperkuat pasukan dan mengkonsentrasikan seluruh usahanya dalam mempertahankan posisi dan pasukannya serta mengadakan serangkaian tipu muslihat.

Meskipun para prajuritnya mengalami rasa kecewa dan frustasi, Sima Yi tetap melarang mereka untuk menyerang musuh yang bersikap menantang dan menghina para prajurit yang bertahan itu.

Ketika pemimpin utama Shu menggoda Sima Yi untuk berperang dan mengirimkan bingkisan penghinaan berupa hiasan kepala untuk wanita, seluruh prajurit Wei mulai marah dan memohon kepada Sima Yi agar diijinkan berperang guna membalas penghinaan itu.

Namun, justru Sima Yi memarahi pasukannya dan ia berkata, “Jika psukan yang kecil tidak dapat dihadapi dengan sabar, rencana yang besar akan berakhir dengan kekecewaan.”

Setelah menunggu cukup lama, Sima Yi tiba-tiba memerintahkan pasukannya untuk bersiap dan menyerang pasukan Shu. Karena keadaan pasukan Sima Yi yang masih segar bugar, maka ia dapat meraih kemenangan dan mengakibatkan banyak pasukan musuh yang mati tertimbun dan bala bantuan yang dikirim melarikan diri kembali ke negaranya.

Sima Yi kemudian menjelaskan pada pasukannya bahwa ketika pasukan Shu pertama kali tiba di Wei, semangat tempur mereka berkobar-kobar. Tetapi dengan menunda peperangan, tidak hanya persediaan makanan musuh yang berkurang tapi mereka juga mulai kehilangan semangat tempur.

bersabarlah dan kita kan menang !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar