"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Selasa, 12 Mei 2015

Tujuh Pekerjaan Mulia



Ketika sedang berjalan-jalan, suatu hari Rasulullah bertemu dengan Sa’ad bin Ma’az al Anshari. Ketika sedang berjabat tangan, Rasulullah merasakan sesuatu  yang kasar di telapak tangan Sa’ad.

“Kenapa tanganmu? Coba kulihatnya,” tanya Rasulullah.

“Ini bekas mis-ha yang kupukul-pukulkan ke tanah untuk mencari nafkah bagi keluargaku,” jawab Sa’ad. Mis-ha adalah sejenis alat pertanian yang menyerupai cangkul.

Mendengar jawaban itu, Rasulullah lalu mencium tangan Sa’ad dan berkata, “Inilah tangan yang tidak akan disentuh oleh api neraka.”

Sabda Rasulullah itu menunjukkan betapa mulianya pekerjaan sebagai seorang petani. Dalam hadist yang lain, dari Anas bin Malik yang diriwayatkan oleh Bazzar dan Abu  Nu’aim, Rasulullah bersabda :

“Ada tujuh macam pekerjaan seseorang yang pahalanya masih tetap mengalir meski dia sudah masuk kubur, yaitu : 1. Mengajarkan ilmu pengatahuan, 2. Mengalirkan air sungai, 3. Menggali sumur untuk minum, 4. Menanam pohon untuk penghijauan, 5. Mendirikan masjid, 6. Mewariskan kitab suci Al-Quran, dan 7. Mendidik anak yang berbakti dan memohonkan ampunan baginya sesudah dia meninggal dunia”


 sumber : 30 Dongeng Sebelum Tidur_ Kidh Hidayat_ Surabaya : Penerbit Mitra Umat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar