"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Kamis, 21 Juli 2011

Tiga Hal yang Paling Dicintai




Suatu ketika, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ada tiga hal yang sangat aku senangi di dunia ini, yaitu : wangi-wangian, istri yang solehah, dan ketenangan saat sholat..


Ketika itu beliau sedang duduk bersama sahabat-sahabatnya. Tiba-tiba Abu Bakar Ash-Shidiq Ra berkata, “Benar Engkau, ya Rasulullah, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: senang melihat wajah Rasulullah, menafkahkan hartaku menurut kemauan Rasulullah SAW, dan aku senang putriku berada di bawah pemeliharaan Rasulullah..


Umar bin Khatab Ra lantas berkata, “Benar engkau, ya Abu Bakar, aku pun senang akan tiga hal lainnya, yaitu: mengajak kepada kebaikan, mencegah kemungkaran, dan berpakaian sederhana.."


Ustman bin Affan Ra pun menyahut, “Benar engkau, wahai Umar, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: mengenyangkan orang yang sedang lapar, memberi pakaian kepada orang yang tidak memiliki busana, dan membaca Al-Quran..


Selanjutnya, Ali bin Abi Thalib Ra juga berkata, “Benar engkau, wahai Ustman, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: melayani tamu, puasa pada musim panas, dan memukul musuh dengan pedang..


Ketika mereka sedang berbincang-bincang, lalu malaikat Jibril datang dan berkata (kepada Nabi SAW), “Allah SWT telah mengutusku ketika mendengar pembicaraan kalian. Allah memerintahkan kepadamu wahai Rasulullah, supaya engkau bertanya kepadaku tentang sesuatu yang aku cintai apabila aku menjadi penghuni dunia..”


Rasulullah SAW pun bertanya, “Wahai Jibril, apa yang engkau cintai jika engkau menjadi penghuni dunia?” Jibril menjawab, “Memberikan petunjuk kepada orang yang sesat, menemani orang yang taat kepada Allah, dan menolong keluarga yang fakir..


Selanjutnya Jibril berkata, “Allah SWT, Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Agung mencintai tiga hal yang ada pada diri hamba-Nya, yaitu: mencurahkan segala kemampuan dalam berbakti kepada Allah, menangis karena menyesal telah berbuat maksiat, dan sabar ketika mengalami kefakiran..


sumber : Buku, Menjadi Santun dan Bijak (Nashailul Ibad)


1 komentar:

  1. Bismillah..
    "Apa yang paling engkau cintai..?
    Rasulullah memiliki hal-hal yang paling ia cintai di dunia ini. Senada dengan beliau, Abu Bakar, Umar, Ustman, dan Ali jg memiliki hal yang paling mereka cintai. Bahkan Allah swt dan Jibril pun memiliki hal-hal tercinta.
    Lantas, adakah sesuatu yang engkau cintai itu termasuk salah satu dari apa yang Allah dan Rasul serta sahabatnya cintai..?"

    BalasHapus