"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Kamis, 21 Juli 2011

Cubeercraft, Rumit Tapi Menyenangkan

.......Bagaimana membuat sebuah papercraft..? Apa yang akan saya sharing ini adalah papercratf berjenis cubeecraft (kotak), jenis seni melipat kertas yang menurut saya paling mudah dan sederhana. Ciri utama cubeecraft ini adalah penyusunannya yang tidak ditempel menggunakan lem kertas, melainkan disusun dengan cara sambungan, artinya bisa bongkar pasang.

.......Hanya saja kelemahannya seringkali bentuk sambungannya kurang rapi dan kadang tidak menutup dengan sempurna. But.., bagaimana pun juga klo sudah jadi pasti ada kepuasan tersendiri dan klo dimat-matke ternyata bagus juga untuk hiasan dan koleksi, hehe.. So.., berikut cara-caranya :


1. Siapkan pola (template) cubeecraft kosong (putih, tanpa gambar). Mudah, bisa dicari lewat simbah Google. Terdiri dari pola 2 tangan, 2 kaki (jd satu gambar), 1 tubuh, dan 1 pola kepala.

2. Edit pola dengan gambar yang kita inginkan. Bisa digambar tangan, atau lebih mudahhya (skalian biar rapi dan indah) di edit sja pakai photoshop. Ini contoh editan saya (ini bapak saya lagi mau kondangan).



3. Potong/gunting setiap bagian pola. Oia, lebih baik gunakan kertas karton untuk polanya, klo kertas tipis biasa susah untuk digabungkan. Atau klo saya, cetak dulu pakai kertas biasa, terus ditempel di kertas gambar (klo ini bru butuh lem), setelah itu baru digunting.

4. Sambung terlebih dahulu pola kakinya / boleh pola yang lain dulu, ini sekedar saran saya saja (tanpa lem sama sekali lho..!!)



5. Sambung pola tanggannya (kiri dan kanan), ntar jadinya seperti pict di bawah ini.


6. Potong pola tubuhnya, tapi jangan disusun (dibuat kotak). Saran saya sambung tangannya sja terlebih dahulu


7. Ini pict tangan ke dua-dunya sudah tersambung. Ingat..! Untuk tubuh biarkan masih dalam pola biasa sja, jangan disambung dulu.



8. Setelah itu, pasang bagian kakinya seperti pict di bawah ini. Tubuh biarkan saja dulu seperti pola awal.


9. Nah, klo sudah terpasang, baru pola tubuh disusun. Hasilnya seperti pict di bawah ini.


10. Tubuh + tangan/kaki tadi, disambungkan di pola kepala. Persis seperti instruksi 6-8 tadi, untuk pola kepala biarkan seperti semula, jangan disusun. Rapikan sambungan bagian kepala dan tubuh tadi terlebih dahulu.


11. Finishing..!!! Setelah rapi, susun kepala dengan hati-hati. Maka jadilah karakter yang kita cita-citakan tadi. Hasil akhir kreasi saya seperti pict di bawh ini. Kereeeen kaaaan....!!!

12. Karena sudah rapi, saya, bapak, dan adik siap untuk berangkat kondangan sama-sama. Lha tapi, ibu sama mbak mana ya..?


to be continue..





Mudah kan.. So, mari berkreasi...!!!!!!!!!

2 komentar:

  1. Rezaaaaaaaaa.. Minta template nya.. -,-
    males ngedit tp pengeeen..

    BalasHapus
  2. wokey.., tp sak jane tinggal search di Google saja (bagian gambar-gambar), judulnya "cubeecraft" ataow "template cubeecraft", ntar lak muncul banyak bgt pola2 cube nya, termasuk template kosong, tinggal copast..

    BalasHapus