"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 02 September 2013

Berkata Tepat di Saat Tepat : Peka dengan Waktu & Tempat




Kebanyakan orang menyadari bahwa kata-kata memiliki kekuatan luar biasa. Edtor dan ahli agama Tyron Edwards mengamati, “Perkataan bisa lebih baik dan lebih buruk dibandingkan pikiran, perkataan mengekspresikan pikiran dan menambahkan makna pada pikiran, perkataan memberi kekuatan pikiran untuk berbuat baik atau buruk, perkataan mengawali pikiran pada perjalanan tanpa akhir, duka, dan kehancuran..” Hanya saja, mengatakan hal tepat tidaklah cukup. Waktu juga sangat menentukan.
Kadang hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk orang lain adalah menahan lidah kita. Saat merasa tergoda untuk memberikan nasihat yang tidak diinginkan, untuk pamer dan untuk berkata, “Saya kan sudah bilang,” atau untuk menunjukkan kesalahan seseorang, maka kebijakan terbaik adalah tidak mengatakan apapun. Seperti nasihat seorang jurnalis Inggir pada abad ke Sembilan belas, George Sala, yang mengatakan, “kita harus berupaya tidak saja mengatakan sesuatu yang tepat di tempat yang tepat, tapi lebih sulit lagi, membuat sesuatu yang tidak tepat tidak dikatakan pada momen yang menggoda.”
Saat tiba waktu berbicara, bagaimana cara terbaik Anda untuk menganjurkan orang lain menggunakan perkataan yang tepat di saat yang tepat.? Salah satunya adalah memikirkan hal berikut : PEKA DENGAN WAKTU DAN TEMPAT  

Konon, semasa salah satu serangan perang besar terakhir Perang Dunia II, Jenderal Dwight Eisenhower tengah berjalan di dekat sungai Rhine dan mendekati seorang prajurit AS yang terlihat depresi.
“Bagaimana keadaanmu, Nak?” tanyanya.
“Jenderal,” sahut laki-laki muda itu, “Saya amat gugup.”
“Wah,” ujar Eisenhower, “Kalau begitu, kau dan aku adalah pasangan yang serasi karena saya pun gugup. Mungkin kalau kita terus berjalan beriringan, kita akan saling melengkapi.”

Kunci awal mengatakan hal tepat di saat yang tepat adalah memperhatikan keadaan. Hal itu adalah salah satu rahasia keberhasilan komunikasi untuk audiens besar, tetapi juga sama pentingnya untuk digunakan ketika berbicara empat mata dengan seseorang. Hal ini seperti dicontohkan Jenderal Eisenhower yang mencoba memberi nasihat kepada seorang prajurit tanpa menyakiti hatinya, bahkan jenderung membesarkan hatinya.
Jika Anda dapat belajar peka dengan keadaan Anda, berarti Anda telah memenangkan setengah pertempuran dalam mengatakan hal tepat di saat tepat. Lantas, seberapa pentingkah mengatakan hal tepat di saat tepat.?
 

-          >Perkataan tidak tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat mengecewakan saya.
-          >Perkataan tidak tepat yang diucapkan pada saat tepat membuat saya frustasi.
-          >Perkataan tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat membingungkan saya.
-         >Perkataan tepat yang diucapkan pada saat tepat membesarkan hati saya.
Nah, tidakkah Anda merasa begitu juga? Perkataan yang tepat di saat yang tepat seperti layaknya angin sejuk yang membesarkan hati saya..



sumber : Les Parrott, Ph.D. (& John C. Maxwell_25 Ways to Win With People)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar