"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Minggu, 22 Januari 2012

My First "Real Papercraft"


Yo everybody, alhamdulillah kita bertemu kembali, assalamu’laikum... (dijawab ya..!! ^^)
Pada kesempatan ini, saya akan sedikit share kembali tentang “hobi gila” saya berkaitan dengan papercraft alias kerajinan melipat kertas. Pada postingan dahulu kala, pernah saya share tentang ini craft tapi dengan judul CUBEEcraft. Ciri khas dari cubee adalah bentuknya yang pasti kotak-kotak, baik itu untuk cubee model manusia (silakan anda lihat artikel saya yg berjudul “cubeecraft, rumit tapi menyenangkan”, 21/07/11) atau cube untuk puzzle (silakan liat lagi di artike “puzzlecratf, sisi lain dari cubeecraft”, 30/09/11).
Sedangkan yg akan saya share kali ini adalah The Real Papercraft (waduh sok inggris, hehe..), yang pasti bedanya dengan cube adalah si papercraft ini bentuknya sesuai dengan model yg akan dibuat (ya ndak persis2 amat lah, bukan kotak2 pokoknya), merupakan bangun ruang 3 dimensi (haha.., kyak matematika ya), dan pastinya lebih rumit dari cubee karena di sini kita butuh kreatifitas dan imajinasi tinggi (ndak segitunya ding, hehe..). Ok, langsung saja ya..!!!
>Pertama-tama akan saya perkenalkan teman2 yang membantu selama proses pembuatan ni papercrat (wajib punya lho..!!). Inilah mereka :

1. Kertas. Kertas yang saya pakai adalah kertas folio ukuran A4. Sederhananya ini adalah kertas yg sering saya pakai untuk ngeprint tugas kuliah, hehe… Oia, tentunya plus tinta & printer buat nyetak gambarnya lho ya..!!


2. Lem alias perekat. Yang saya pakai adalah lem model lipstick (karena adanya di rumah memang ini sih, hehe..). Jika anda lebih percaya dg lem yg lain tak masalah. Intinya lem untuk kertas, mudah nempel, nggak mudah lepas, & yg penting tidak merusak kertas serta membahayakan diri dan sekita kita (hoho.., pastinya).

3. Gunting. Tidak harus sebesar yang digambar sih, praktisnya pakai gunting yang sedengan saja asal nyaman dan bisa buat motong kertas.

4. Double tape. Saya pakai tape dengan merek Beng Yu. Haha.., ndak pentinglah mereknya apa, yg jelas alat ini sunah kok, hanya u/ tambahan, tidak pakai juga tak masalah. Yang wajib tiga yang di atas.
>Yups, masuk ke proses produksinya. Perlu diketahui bahwa model yg akan saya buat adalah pahlawan anak-anak dari negeri sakura yakni Kamen Rider ataw bahasa Jawanya Satria Baja Hitam (tapi model terbarunya lho..!!). Model saya adalah Kamen Rider W / Double. Gambar aslinya seperti apa silakan tanya mbah Google sekarang juga, hehe..
Akan saya tunjukkan dulu gambar seperti apa yg akan kita susun. Di bawah ini template alias sketsa gambarnya :

Gambar ini adalah sketsa untuk bagian kepala, sungut, leher, 2 pergelangan tangan, body utama, pinggang, serta bagian paling vital yakni ikat pinggang alias setut (klo ndak ada ini ndak bakal berubah Kamen Ridernya, hehe..).

Sedangkan yang ini adalah sketsa untuk lengan, armor lengan, armor pergelangan tangan, kaki, armor kaki, dan sepatunya. Ois, silakan di klik untuk memperbesar gambarnya.
So.., bagaimana? bingung? hehe.., jujur saya sendiri awal liat ni gambar bingung luar biasa, bagaimana bisa sketsa tak beraturan kyak gini bisa dilipat jadi karya yg luar biasa. Yups, tapi dengan niat & rasa ingin tahu yg besar akhirnya bisa saya buat. Ndak sulit, tapi ya ndak mudah amat sih, cuma butuh sabar dan telaten sja ok.
Siip, setelah saya gunting, ditempel dengan lem, & disusun, finally hasil rancangannya jadi seperti ini :


Coba dibandingkan dengan gambar sketsa sebelumnya. Jika masih membingungkan, begini nih gambar aslinya tanpa corat-coretan :


Nah itu tadi baru tahap pertama ya. Setelah itu masih harus ditempel-tempel lagi alias masuk penempelan tahap ke dua. Dan hasilnya akan keren seperti ini :


And then, masuk ke bagian akhir tahap ke tiga, yaitu menempelkan bagian-bagian tubuh menjadi satu. Setelah diutak-atik dengan ikhlas dan wajah ceria, akhirnya di dapat hasil akhir yang keren seperti ini. This is it :

Kamen Rider W (Cyclone/Jokers) tampak depan


Kamen Rider W tampak belakang + slayer


tampak samping kanan (si Jokers / hitam)


tampak samping kiri (si Cyclone / hijau)
So.., bagaimana? Mudah kahn..??! Yups, awalnya memang sulit, tapi bisa kok. Sebagai pecinta action figure (miniatur-miniaturnya tokoh) berhasil membuat ini cukup membanggakan bagi sya, karena paper ini termasuk action figure yg murah meriah (yg asli dari bahan plastik atau metal harganya lumayan mahal bro, tak terjangkau dg kocek pribadi sya, hehe..). Jika anda tertarik, monggo mencoba, tentunya dengan beragam model template yg sudah banyak betebaran di internet. Yups.., good luck ya..!!! ^_^

Next Episode (insyAllah ya) : Papercraft Kamen Rider Decade

2 komentar:

  1. assalamu'laikum gan,
    ijin copas nie, wt postingan ane
    newbie ey
    kunbal di dediskycorner.blogspot.com y
    tq info.nya

    BalasHapus
  2. Oke silahkan mas, alhamdulillah semoga bermanfaat, hehe.. ^^

    BalasHapus