"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Senin, 13 April 2015

Hadapi Hidup dengan Istighfar




Logika sederhana tentang masalah hidup yang kita hadapi...


Jika sedang mengendarai mobil, hujan turun deras hingga kaca depan kotor penuh pasir dan lumpur sedang wiper mobil tidak berfungsi. Dalam keadaan ini kita pasti akan gelisah karena tidak bisa melihat jalan di depan meski sebenarnya jalan itu ada. Namun tak terlihat oleh kita. Kalau seperti itu, lantas apa yang menjadi prioritas kita ? 


1. Apakah sibuk memikirkan jalan yang tak terlihat ? 
2. Atau sibuk membersihkan kaca agar jalan dapat terlihat ? 


Tentu jawabannya yang kedua ialah sibuk membersihkan kaca dahulu agar jalan dapat terlihat, meskipun tidak sedikit dari kita yang lebih memilih jawaban yang pertama.


Nah, sahabat...banyaknya kesulitan hidup yang kita hadapi ibarat lumpur dan pasir yang melekat di kaca depan mobil, jika tidak dibersihkan dahulu kaca mobil kita maka kita pasti tidak akan bisa melihat jalan. Begitu pula masalah hidup, jika kita tidak sibuk untuk membersihkan jiwa dan pribadi kita dahulu, maka jalan keluar dari masalah juga pasti tidak akan kelihatan meskipun setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.


Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هُمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ “

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Daud no. 1518, Ibnu Majah no. 3819, Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra no. 6421 dan Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam Al-Kubra no. 10665)


Makanya, jangan pusing memikirkan masalah dan beban hidup...karena semuanya ada jalan keluarnya, cepat-cepatlah beristigfaar sebab dosa dan kesalahan adalah pengundang masalah dan kecemasan.


Sebaliknya, Istigfaar adalah shortcut bagi siapapun yang ingin mendapatkan jalan keluar dari masalah hidupnya, tidak hanya itu ia juga akan menghadapi hidup dengan ketenangan dan rezeki yang tak diduga datangnya. Sungguh kenikmatan yang luar biasa...



  by : Abu Aqilah Althofunnisa. Lc (sumber : tausyah grup WA)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar