BAB I
PENDAHULUAN
Olahraga paling popular
di dunia adalah olahraga sepak bola, sepak bola sendiri adalah olahraga yang
dimainkan secara tim yang terdiri dari 11 orang pemain dalam satu tim dan memerlukan
lapangan yang relative luas untuk memeinkannya. Di Indonesia olahraga sepak
bola juga merupakan olahraga yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia hal
ini terbukti pada saat AFF CUP 2010 lalu digelar animo masyarakat terhadap
sepak bola sangatlah tinggi.
Di Indonesia olahraga
sepak bola merupakan olahraga yang tergolong mahal jika harus menyewa stadium.
Namun belakangan popular olahraga sepak bola dalam ruangan yang tidak kalah
menarik dan banyak peminatnya adalah olahraga futsal. Futsal adalah olaraga
alternative yang bisa dilakukan orang Indonesia ketika mereka ingin bermain
sepak bola.
Futsal adalah olahraga
sepak bola di dalam ruangan yang di dalam satu tim terdapat 5 pemain dengan
lapangan yang relative kecil dengan ukuran 42x22 meter persegi untuk standart
internasinal. Di Indonesia olahraga futsal sangat banyak peminatnya dengan
keterbatasan lapangan yang tersedia maka bisnis penyewaan lapangan futsal
merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikkan.
BAB II
ASPEK HUKUM
Bentuk pelaksanaan
bisnis ini adalah merupakan badan usaha perseorangan karena resiko dari usaha
ini relative kecil dan modal investasinya juga mampu 100% dari perseorangan.
Legalitas dalam bisnis merupakan hal yang sangat riskan. Dalam urusan legalitas
lapangan nakama futsal zone tidak mendapatkan masalah karena nakama futsal zone
akan dibangun di jalan raya antara dua kecamatan dan waktu usaha pun tidak akan
mengganggu aktivitas warga sekitar karena waktu usaha kami di mulai pukul 06-00
pagi-21.00 malam.
Selain itu juga penduduk di sekitar tempat usaha masih sangat
jarang dan mayoritas dari masyarakat juga penggemar dari olahraga futsal. Oleh
karena itu untuk legalitas dari masyarakat sudah kami dapatkan melalui kepala
desa sekitar. Sehingga untuk perizinan
selanjutnya kepada pemerintah daerah terkait dengan izin usaha, izin lokasi
izin gangguan dan IMB. Untuk perizinan tersebut di daerah lamongan sangatlah
dipermudah sehingga masalah legalitas nakama futsal zone telah layak.
BAB III
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Penyewaan lapangan
futsal merupakan bisnis di bidang layanan jasa. Untuk prospek pasar kedepan
bisnis lapangan futsal sangat menjanjikan hal ini di karenakan kegemaran
masyarakat akan olahraga futsal sangat besar namun dengan keterbatasan area
lapangan bisa sangat menghambat terutama di daerah perkotaan, maka dari itu
jasa menyedia lapangan futsal sangat menjanjikkan.
Terkait dengan
segmentasi pasar dari lapangan futsal sendiri sangatlah luas yaitu meliputi
remaja dan dewasa laki-laki yang berusia berkisar antara 15-40 tahun. Namun
tidak menutup kemungkinan konsumen akan datang di luar segmen kami misalnya
saja saat ini banyak akademi-akademi futsal junior yang berusia di bawa15
tahun.
Persaingan dalam hal
lapangan futsal masih relative mudah dan pesaing belumlah banyak. Lapangan
futsal di kota besar cenderung lebih banyak dari pada di kota-kota kecil namun
keseimbangan antara penawaran dan permintaan masih sangat jauh selisihnya,
untuk saat ini permintaan akan lapangan futsal masih lebih besar dari pada
penawaran. Jadi untuk aspek pasar dan pemasaran nakama futsal zone adalah layak
karena analisis permintaan pasar saat ini masih lebih besar dari pada
penawaran.
BAB IV
ASPEK TEKNIK/OPRRASI DAN TEGNOLOGI
Untuk aspek operasional
dari nakama futsal zone meliputi pemesanan lapangan yang bisa dilakukan secara
manual datang ke nakama futsal zone maupun online di www.nakamafutsalzone.com
atau juga melalui hotline di 08575xxxxxxx. Selain itu adalah perawatan
peralatan dan perlengkapan yang meliputi lapangan, gawang, bola, lampu
penerangan. Jarring (net) dst. Sedangkan untuk biaya operasional yang telah
diuraikan di atas nakama futsal zone memperkirakan adalah 35% dari omset
keseluruhan dari nakama futsal zone
BAB V
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen dan
organisasi nakama futsal zone relative sederhana dengan struktur organisasi
yang flat dengan seorang general manajer di bantu 1 bagian administrasi yang
bertanggung jawab mengenai urusan administrasi dan keuangan perusahaan dan 1
manajer pemasaran yang mengurusi terkait pemasaran dan komunikasi pemasaran
nakama futsal zone. Terkait dengan karyawan/pegawai akan dihandle langsung oleh
general manajer nakama futsal zone.
BAB VI
ASPEK SOSIAL, EKONOMI, POLITIK DAN
BUDAYA
Masarakat Indonesia
dikenal sebagai masarakat yang memiliki animo yang sangat tinggi terhadap
olahraga khususnya sepakbola dan tidak menutup kemungkinan futsal. Keadaan
budaya pekerjaan orang Indonesia juga mendukung untuk lebih sering berolahraga,
ambil contoh saja seorang karyawan penjaga toko yang keseharianya dalam
pekerjaanya adalah dilakukan dengan posisi duduk. Secara naluri orang tersebut
akan mengatakan bahwasanya dia kurang bergerak dan berolahraga sehingga akan
miuncul keinginanaya untuk olahraga. Dan di perkotaan tempat/lapangan kosong
untuk olahraga sangat sulit ditemukan sehingga banyak dari mereka akan datang
ke tempat-tempar penyewaan jasa lapangan. Saat ini lapangan futsal merupaakan
jasa penyewaan lapangan yang paling popular.
Politik di Indonesia
saat ini sangat carut-marut khususnya dalam bidang induk olahraga sepak bola
PSSI yang sampai saat ini belum jelas arah dan titik terangnya. Namun hal
tersebut tidak banyak berpengaruh pada animo masarakat terhadap olagraga yang
dipermasalahkan tersebut.
BAB VII
ASPEK FINANSIAL
Estimasi
modal
-Modal awal : Rp 605.000.000
-Tanah : Rp 350.000.000
-Kontraktor 1 lapangan : Rp 250.000.000
-Lain-lain : Rp 5.000.000
TOTAL :
Rp 605.000.000
Biaya
operasional/bulan
-Listrik :
Rp 1.500.000
-Air :
Rp 800.000
-Perlengkapan : Rp 500.000
-Gaji manajer @ 1.500.000 : Rp 4.500.000
-Gaji karyawan @ 500.000 : Rp 3.000.000
-Lain-lain : Rp 200.000
TOTAL :
Rp 10.500.00
Estimasi
keuntungan/bulan
-Sewa lapangan/jam Rp 100.000x13 jam = Rp
1.300.000/hari x 30 hari : Rp
39.000.000
-Biaya operasional :
Rp 10.500.000
-Keuntungan bersih/bulan :
Rp 28.500.000
Untuk mencapai BEP dibutuhkan
605.000.000/28.500.000 = 22 bulan
BAB VII
REKOMENDASI
Dilihat dari aspek
pemasaran bisnis di bidang jasa lapangan futsal sangat potensial dengan pasar
yang luas dan persaingan yang relatif tidak ketat. Untuk permodalan bisnis ini
membutuhkan modal yang cukup besar namun juga menjanjikan keuntungan yang
sangat menggiurkan. Untuk masalah aspek teknis dan SDM dalam bisnis ini tidak
terlalu berpengaruh namun aspek ini pun telah terpenuhi sehingga studi
kelayakan bisnis nakama futsal zone adalah layak.
sumber : kiriman temen untuk tugas
kuliah ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar