"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Minggu, 01 Februari 2015

Kisah Mas Bro : Sholat Subuh Si Afwan





Mas Bro yang hanya pendamping remaja masjid ini cukup bangga jika anak didiknya rajin sholat wajib 5 waktu. Meskipun tidak sholat di masjid, asalkan mereka sholat di rumah dengan rutin untuk saat ini tidaklah mengapa. Termasuk dalam perkara sholat subuh. Sholat yang satu ini (subuh berjamaah di masjid), jangankan anak didiknya mas Bro, orang dewasa saja kadang sulit melakukannya. Makanya toleransi mas Bro kepada anak didiknya cukup besar, dengan catatan mereka tetap sholat di rumah.

Namun sayang, masih ada salah satu murid mas Bro yang sangat sulit melakukan sholat subuh. Tak perlu jauh-jauh ngomingin sholat di masjid, subuhan di rumah saja tak jarang dia meninggalkannya. Padahal anak ini (kita sebut saja si Afwan) rumahnya hanya 5 meter dari masjid. Maka, hari ahad selepas sholat isyak, mas Bro mencoba ngobrol dengan Si Afwan.

Mas Bro: “pekan ini ente berapa kali subuhan?”, tanya mas Bro penuh amarah (eh ndak marah ding, mas Bro mah orangnya biasa aja kelees, hehe..^_^)

Si Afwan: ….(geleng kepala)

Mas Bro: “kok geleng? Seminggu ini ente ndak subuhan sama sekali nih maksudnya?”

Si Afwan: “ya aku ndak tau”, kata si Afwan dengan polosnya.

Mas Bro: “looh kok ndak tau i gimana, ayolah diinget-inget pas-nya kira-kira berapa?”, mas bro mencoba menawar (halah emang dagangan mas Bro, kok ditawar-tawar segala.!!?)

Si Afwan: “ya kira-kira sekali lah”, jawab si Afwan sambil senyam-senyum

Mas Bro: “aduuuh duuuh, mosok cuma sekali, emang tiap hari ente bangun jam berapa siih sampe gak sempet sholat?”

Si Afwan: “ya biasanya jam set 6-an lah”

Mas Bro: “lhaa itu jam setengah 6.! brarti masih bisa sholat dong? kok tetep ndak sholat? ente M ya?”

Si Afwan: “hah M? Apaan?”, si Afwan mulai ilfill sama pertanyaan mas Bro

Mas Bro: “M-aaaales maksudnya?”

Si Afwan: “ya ndak gitu”, jawab si Afwan cemberut

Mas Bro: “kalo bukan males ngapain coba ndak sholat subuh?”, mas Bro makin penasaran sama si Afwan

Si Afwan: “kan bangun tidur yo masih ngantuk”, si Afwan coba ngeles.

Mas Bro: “oooh jadi ente ngantuk, coba lihat itu.!!”, telunjuk mas Bro mengarah pada si Fahim yang sedang duduk bersila.

*ctt: si Fahim ini adalah remaja paling muda, paling pinter, paling rajin, juga paling sholeh di antara remaja masjid lainnya. Nah, termasuk juga yang paling “ngantukan”.  So.. tiap kali selesai sholat, sembari bersila ia khusyuk menundukkan kepala, tak jarang, bahkan sangat sering ia tertidur di tengah usahnaya sedang berdzikir & berdoa tadi. Yah tak apalah yang penting sholatnya rajin, hehe.. ^^

Mas Bro: ”kalo ngomongin ngantuk kamu ya kalah-lah sama si Fahim, ayolah cari alasan lain. Kenapa ente ndak sholat?”, cecar mas Bro

Si Afwan: “emm.., lha kan aku masih lelah, soale semaleman belajar”, si Afwan coba ngeles lagi, (waah si Afwan ini gedenya jadi pembelap kali ya, pinter banget nge-les nya -_-)

Mas Bro: “o..jadi kamu masih lelah? coba tengok itu.!”, mas Bro kembali menunjuk si Fahim yang makin lelap dalam dzikir & tidurnya

*ctt: si Fahmi ini sekolah di SMP Islam yg full day, ba’da ashar ia baru pulang, biasanya-pun langsung lanjut les. Kalau ngomongin siapa siswa paling lelah, ya dialah orangnya. Yah sekali lagi tak apa, yang penting sholatnya rajin, hehe.. ^^

Si Afwan: “lha trus gimana?”, si Afwan mulai panic (tenang no pikirmu Wan..!! ^_^)

Mas Bro: “ya cari alasan yang lebih kreatif lah, kira-kira apa gitu, yang cocok buat ninggalin sholat.!!”, mas Bro memberi semangat pada si Afwan (duh orang  salah kok disemangati tho mas Bro.!! -_-)

Si Afwan: “lha aku kudu jawab apa??”, si Afwan mulai frustasi

Mas Bro: “ya apalah. Nih tak kasih contoh ya.. : ‘lha aku semalem diculik alien ok mas, jadinya ndak bisa sholat’, atau ‘tiap malem aku berburu nyamuk raksasa mas biar tidak meresahkan warga, jadinya kelelahan’, gitu, atau cari alasan apa kek..??”

Si Afwan: “haha..!! mosok alesan kok kayak gitu, ya ndak mungkin lah mas”, si Afwan makin nggak ngeh sama Mas Bro

Mas Bro: “nah itu ente paham kan..?!! ituuu berarti, ndak ada alasan satu pun, inget.!, ndak ada satupun alasan buat menggugurkan sholat wajib, selama ente masih waras bin sadar. Lha klo cuman males trus ninggalin sholat.. apa kata dunia.??

Si Afwan: “...” (tertunduk & terdiam)

Mas Bro: “Ya wis brarti besok mulai sholat subuh ya, bisa kan?? Paling ndak niat dulu lah..!!”, mas Bro mencoba memancing si Afwan (ibarat memancing ikan di air keruh ya Mas Bro, hehe..)

Si Afwan: “hehe..yo ndak tauuuu aku..”, jawab si Afwan sambil cengar-cengir dengan muka tidak cetha

Mas Bro: “arggggh..!!! ah sudahlah terserah ente.! Ya wis sana sholat sunah dulu, biar bisa nambal dikit  sholat wajib ente yg amburadul itu”, suruh Mas Bro yang makin dongkol

Si Afwan: “emoh ah, besok ae, hehehehehe..”, jawab si Afwan sambil lari & ngloyor pergi meninggalkan mas Bro yang termenung sendiri.

Dan begitulah kawan.., usaha mas Bro untuk menyadarkan si Afwan sepertinya tak berjalan dengan lancar. Entah mas Bro-nya yang kurang bisa menjelaskan, atau memang si Afwan-nya yang masih tak mau sadar. Terlepas dari itu semua, mas Bro meyakini bahwa tugasnya cuman menyampaikan kebaikan, perkara kebaikan itu sampai di hati si penerima atau tidak, biarlah Allah swt yang mengurusnya. Oke, semangat terus mas Bro, semoga istiqomah menebarkan bibit-bibit kebaikan. Yang sabar ya..!! ^^ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar