"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Jumat, 06 Februari 2015

Socrates Triple Filter Tes




*Socrates adlh seorang Filsuf besar Yunani yg terkenal memiliki pengetahuan yg tinggi & sangat terhormat. Suatu hari seorang kenalannya bertemu dgn Socrates & berkata..,

"Tahukah Anda apa yg saya dengar tentang teman Anda?", tanya seseorang itu.

"Tunggu sebentar,"  Socrates jawab. "Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, Saya akan memberikan suatu test sederhana yg disebut ‘Triple Filter Test’. Filter pertama, KEBENARAN. Apakah Anda yakin bahwa apa yg akan Anda katakan pada saya itu benar?"

"Tidak. Sebenarnya saya HANYA MENDENGAR tentang itu." jawab orang itu.

"Baik",  kata Socrates.  "Jadi Anda tidak yakin itu benar. Baiklah sekarang saya berikan filter yg ke 2. Filter ke 2, KEBAIKAN. Apakah yg akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang BAIK?"

"Tidak, malah sebaliknya", jawab orang itu.

"Jadi",  Socrates melanjutkan, "Anda akan menceritakan sesuatu yang BURUK tentang dia, tetapi anda tidak yakin apakah itu BENAR

Socrates melanjutkan, “berarti Anda masih memiliki satu kesempatan lagi, masih ada satu filter lagi, yaitu filter ke 3. Filter ke 3, KEGUNAAN. Apakah yg akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu akan BERGUNA bagi saya?"

"Tidak, sama sekali tidak", jawab kembali orang itu.

"Jadi”, Socrates menyimpulkannya, “bila Anda ingin menceritakan sesuatu yg BELUM TENTU BENAR, BUKAN TENTANG KEBAIKAN, dan bahkan TIDAK BERGUNA bagi saya, MENGAPA Anda harus menceritakan itu kepada saya.??"

****

Sahabatku, demikianlah mengapa SOCRATES dianggap sebagai seorang Filsuf Besar & sangat terhormat. Sahabatku, gunakan TRIPLE FILTER TEST setiap kali kita MENDENGAR atau MENYAMPAIKAN sesuatu tentang Kawan Kita atau Orang Lain.

Jika bukan KEBENARAN, bukan KEBAIKAN, dan tidak ada KEGUNAAN yg Positif, tidak perlu kita Terima atau Dengar apalagi kita sampaikan kepada orang lain. 

Dan apabila kita terlanjur mendengarnya, JANGAN SAMPAIKAN pada orang lain, dan JANGAN MENYEBARKAN FITNAH yang MENYAKITI Hati Orang Lain Karena Kita.

Inilah arti PERSAHABATAN yang bermartabat serta memiliki Nilai Tertinggi & Terhormat.




sumber : tausyah grup WA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar