"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Jumat, 15 Agustus 2014

Contoh Studi Kelayakan Rumah Kos-kosan




TUGAS AKHIR KEWIRAUSAHAAN
STUDI KELAYAKAN USAHA RUMAH KOS-KOSAN PUTRI
“KARANGASEM INDAH”
Dosen Pengampu : Dr. Yadi Purwanto, MM


Disusun oleh :
Nama  :           Muhammad Reza Putra      

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013/2014


BAB I
PENDAHULUAN

Kota Solo (Surakarta) merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan prospek perkembangan dan pertumbuhan yang cukup baik. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut meliputi beberapa sektor seperti jumlah penduduk, ekonomi &industri, pendidikan, serta sektor-sektor lainnya yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Dengan berkembangnya bisnis di suatu kota atau meningkatnya pertumbuhan industri di suatu daerah tentu berakibat pada bertambahnya jumlah karyawan di daerah tersebut. Berkembangnya dunia pendidikan terutama kualitas serta sarana dan prasarana yang disediakan oleh Universitas baik negeri maupun swasta, juga menyebabkan meningkatnya animopelajar untuk bersedia masuk sebagai mahasiswa baru di Universitas tersebut. Hal ini seperti terjadi di salah satu universitas swasta terbaik di Solo yakni Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang setiap tahunnya menerima+ 4000-5000 lebih mahasiswa baru menyebabkan permintaan terhadap kamar kos untuk Mahasiswa baru semakin meningkat. 
Selain itu, sudah menjadi hal yang lumrah bahwa sebagian dari karyawan atau mahasiswa tersebut berasal dari luar daerah yang jauh dari kota Solo. Hal ini menyebabkan mereka membutuhkan tempat tinggal yang nyaman sehingga tidak mengganggu aktivitasnya sebagai karyawan ataupun sebagai mahasiswa.
Dengan latar belakang diatas dan mengingat saya mempunyai sebidang tanah ditengah kota Solotepatnya di di Jalan Sawo, Karangasem, kota Surakarta,yang berlokasi +100 meter dari akses duajalan raya dan +200 meter dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), serta akses-akses yang lain, saya merencanakan membangun rumah kos-kosan.



BAB II
ASPEK HUKUM

Aspek Hukum  merupakan aspek yang cukup menentukan dan menjamin akan kelangsungan suatu kegiatan usaha. Oleh karena itu, aspek ini tidak dapat diabaikan. Karena aspek Hukum merupakan legalitas kelangsungan usaha, sedangkan usaha yang sedang berproduksi akan segera terhenti begitu saja atau terhenti perlahan manakala produk yang dihasilkan tidak memiliki jaminan pasar. Bentuk pelaksanaan bisnis ini adalah merupakan badan usaha perseorangan karena resiko dari usaha ini relative kecil dan modal investasinya juga mampu 100% dari perseorangan. Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki serta photo copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Sertifikat tanah, Hak milik
-          IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
-          Surat Nikah
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)






BAB III
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Bisnis kos-kosan memang cukup menjanjikan, terlebih di kota-kota pusat perdagangan atau di kota-kota pelajar dan industri. Sudah banyak yang merasakan bahwa penghasilannya terus mengalir dari usaha kos-kosan.Perkembangan usaha rumah kosyang cukup meyakinkan, diantaranya disebabkan oleh:
·         Lokasi yang strategis (dekat dengan berbagai akses )
·         dekat dengan pusat kota
·         lingkungan perkampungan yang asri
·         bersih dan nyaman
Selain penghasilan yang terus mengalir setiap bulannya, sebagai usaha jangka panjang, pemilik kos-kosan bisa menikmati keuntungan dari terus naiknya nilai tanah.Menurut hasil pengamatan, rumah kos yang banyak diminati adalah rumah kelas menengah ke bawah. Hal ini dikarenakan harga sewa yang terjangkau oleh mahasiswa atau karyawan. Rumah kost kelas menengah kebawah akan lebih cepat terisi penuh / laku dibandingkan rumah kost menengah ke atas.
Keuntungan investasi rumah kost selain permintaan pasar cukup tinggi, menghasilkan pendapatan tambahan rutin juga mempunyai nilai tambah jangka panjang, maka masyarakat khususnya mahasiswa masih banyak membutuhkan rumah kost, kondisi pasar inilah yang dibidik dalam pembangunan rumah kost ini. Selain motivasi investasi diharapkan banyak calon penyewa yang berniat untukmenghuni rumah kost yang baru akan dibangin ini. Berdasarkan data diatas ditinjau dari faktor permintaan, keadaan potensi pasar.keadaan persaingan, dan prospek pasar usaha rumah kost di Karangasem ini dinyatakan layak.





BAB IV
ASPEK TEKNIK/OPRRASI DAN TEGNOLOGI

·      Lokasi Usaha
Rumah kos yang akan kami dirikan terletak di Jalan Sawo, Karangasem, kota Surakarta, karena letaknya yang strategis dimana tidak jauh dari akses jalan raya, dan kampus UMS, serta terletak di sekitar area pasar Kleco, lapangan Karangasem, pertokoan, dan sekolah. Hal ini memungkinkan lokasi ini menjadi tempat yang strategis baik bagi karyawan atupun mahasiswa sebagai tempat tinggal sementara yang nyaman dan mendukung aktifitas mereka.
·      Persediaan Tenaga Kerja
Dalam penyediaan tenaga kerja, dibutuhkan sedikitnya 5 orang sebagai tukang bangunan yang akan membangun rumah berdasar spesifikasi yang sudah kami tentukan. Selebihnya perkembangan usaha akan di handle oleh 2 orang selaku manajer dan bendahara.
·      Tersedianya Listrik dan Air
Sarana listrik dan kebutuhan air sumur sebagai pendukung utama kemajuan usaha kami telah tersedia sesuai dengan standarisasi.
·      Tenik Operasional
Untuk aspek operasional dari kos “Karangasem” meliputi pemesanan kamar bisa dilakukan secara manual dengan datang ke alamat pemilik rumah kost yaitu di Jl. Kencur no 9 Pajang, Surakarta. Juga dapat lewat telepon atau sms melalui hotline di 085*******. Pemesan kamar  juga dapat memilih di mana letak kamar yang diinginkan serta jenis kasur yang ingin dipakai.





BAB V
MANAJEMEN DAN ORGANISASI

·         Bentuk Organisasa
Usaha kos putri “Karangasem Indah” yang didirikan merupakan usaha perseorangan. Usaha yang dimiliki, dikelola dan dipimpin oleh seseorang yang bertanggung jawab penuh terhadap resiko dan aktivitas perusahaan. Usaha kos putri “Karangasem Indah” ini akan kami legalitaskan dengan mendaftarkan pada notaris dengan asumsi agar mendapatkan perlindungan dari hukum-negara.
·         Struktur Organisasi
1.      Manajer
2.      Bendahara 
·         Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab
1. Manajer:
 -Merencanakan program dan kebijakan perusahaan.
-Memberikan dan menjelaskan job description bagi tenaga kerja
-Mengkoordinir segala kegiatan
-Bertanggung jawab atas semua kegiatan
-Menerima laporan keuangan dari kasir dan membuat pembukuan besar
      2. Bendara:
      -Sebagai contac person (cp) 
      -Bertanggung jawab terhadap keuangan.
      -Pendataan jumlah konsumen
      -Menerima pembayaran dari konsumen
      -Membuat laporan keuangan bulanan yang kemudian diserahkan kepada manajer.





BAB VI
ASPEK SOSIAL, EKONOMI, POLITIK DAN BUDAYA

Letak kos putri “Karangasem Indah” sangat setrategis, yaitu berada di pusat kota, berdekatan dengan akses jalan raya, masjid,kampus UMS, sekolah, lapangan, pertokoan, serta pasar tradisonal. Dibangunnya rumah kos-kosan ini,  maka akan bertampah pula jumlah penduduk di daerah tersebut.
Dengan demikian, diharapkan bertambahnya jumlah penduduk dapat semakin menggiatkan roda ekonomi yaitu dengan bertambahnya jumlah konsumen khususnya bagi pertokoan dan pasar tradisional. Juga letaknya yang tidak jauh dari sekolah dan kampus serta akses dua jalan raya (Jl. Slamet Riyadi di sisi selatan dan Jl. Adi Sucipto di sisi utara), diharapkan mempermudah aktivitas sehari-hari para penghuni kos.
Selain itu, karena letaknya di tangah perkampungan di pusat kota, diharapkan penghuni kos dapat bersosialisasi, bergaul, serta membina hubungan yang baik dan sehat dengan masyarakat. Dengan demikian, para penghuni kos serta pemilik kos dapat memberikan kontribusi bagi kegiatan masyarakat baik kegiatan di kampung atau masjid setempat. Dengan demikian, kehadiran kost “Karangasem Indah” ini tidak hanya keuntungan pribadi bagi pemilik kos tapi juga dapat bermanfaat bagi masayarakat sekitar.




BAB VII
ASPEK FINANSIAL

Biaya Pembangunan
Kalkulasi biaya pembangunan kos ini adalah:
Tanah = 300 m2 x Rp 500.000 / m2                                     = Rp. 150.000.000
Bangunan = 300m2 x Rp 700.000 /m2                                 = Rp. 210.000.000
Tempat tidur, lemari, meja, dll= @ Rp 500.000 x 20 unit      = Rp. 10.000.000
Lain-lain (perizininan, konsultan)                                           = Rp. 10.000.000
Total biaya pembangunan                                                 = Rp. 380.000.000

Pemasukan / tahun :
Sewa kamar rata-rata Rp. 200.000/ bulan
Sewa 20 kamar kost = Rp. 200.000,00 x 20 x 12         = Rp. 48.000.000
Total Pemasukan                                                           = Rp. 48.000.000                                                                                           
Biaya Operasional/tahun :
Listrik = Rp. 250.000  x 12                                          = Rp. 3.000.000
Air = Rp. 100.000 x 12                                               = Rp. 1.200.000
Biaya perbaikan (cat, pompa air, keran air, dll)            = Rp. 5.000.000
Total pengeluaran                                                        = Rp 9.200.000             

Estimasi keuntungan bersih / tahun :
Rp 48.000.000 - Rp 9.200.000 = Rp 38.800.000

Payback Period:
Rp. 380.000.000 /Rp 38.800.000 =± 9 tahun





BAB VII
KESIMPULAN

Berdasarkan pertimbangan peruntukan (zoning), lokasi yang strategis, kontruksi bangunan dan fasilitas yang tersedia adalah memenuhi kenyaman dan keamanan , maka dari aspek teknis proyek pembangunan rumah kost putri “Karangasem Indah” ini adalah layak untuk dilaksanakan.









2 komentar: