"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Rabu, 12 Desember 2012

Film-film Keren Studio Ghibli




Kartun..kartun..& kartun.. Em.., sejak dulu dunia saya memang penuh dengan ni barang, & salah satu yang ikut mewarnainya adalah kartun-kartun hasil produksi dari Studio Ghibli. Hahh.., Studio Ghibli..??? Apaan tuh..???

Oke, tak jelasin yah! Seperti halnya Pixar, Disney, atau DreamWorks (klo tiga nama ini pernah tau kan ya?) yang sudah sangat terkenal ini, nah Studio Ghibli pun adalah salah satu “rumah produksi” anime alias kartun di Jepang sono yang sudah sangat terkenal dan kebanyakan film-nya disutradarai oleh Hayao Mizaki (siapa dia tanya mbah Google yah ^^).

Oia, ngemeng-ngemeng soal Studio Ghibli, maka kita akan dihadapkan pada film kartun dengan spesifikasi : imajinasi liaaar, alur yang menghebohkan, fantasi luar biasa, kualitas gambar yang masih sangat tradisional (emang ciri khas ni film), dan anak-anak. Yah, boleh dibilang hampir semua film ini didominasi dengan tokoh utama seorang anak atau remaja yang mengalami hal-hal di luar nalar.

So.., bagi anda yang sangat.. sangat.. sangat.. sangat suka sekali dengan film “imajinasi” (hahahay!!) nih film-film Studio Ghibli bener-bener saya rekomendasikan untuk menjadi salah satu koleksi terbaik anda. Yups langsung saja, di bawah ini adalah beberapa uraian (yg sangat singkat sekali) mengenai film-film dari Studio Ghibli yang pernah saya tonton. This is it :


--On Your Mark--


Sebuah video klip (tanpa dialog, hanya gambar plus lagu saja) yang berkisah tentang dua orang polisi yang menemukan wanita bersayap di dalam gedung suatu sekte sesat yang mereka perangi.  Nah, wanita yang tidak jelas dan aneh ini kemudian diisolasi oleh tim lain. Karena merasa iba / kasihan, maka muncullah niat kedua polisi ini u/ menyelamatkan sang wanita bersayap meski harus melawan kawan-kawan  mereka sendiri.


--Princess Mononoke--


Film ini berkisah tentang peperangan antara dewa VS manusia. Seorang pangeran bernama Ashitaka pun terkena dampak kutukan dewa di tangannya, hingga ia harus mencari dewa Rusa demi menyembuhkan tangannya. Dalam misi pencariannya inilah, ia jatuh hati pada seorang wanita bernama Mononoke yang hidup bersama para dewa untuk melawan manusia. Pada akhirnya, si Ashitaka galau antara menolong manusia atau malah membantu Mononoke melawan rasnya sendiri. Hadah.., cinta memang buta!!


--Spirited Away--


Berkisah tentang Chihiro, seorang gadis berusia 10 tahun yang tersesat di sebuah dunia roh . Demi bertahan hidup dan menyelamatkan orangtuanya, ia akhirnya harus bekerja di sebuah pemandian air panas milik seorang penyihir. Dalam usahanya menyelamatkan orangtuanya, Chihiro dibantu oleh seorang pemuda bernama Haku yang berkat Chihiro pula, Haku berhasil menemukan jati dirinya. Beneran, ini film imajinatif sekalee!!


--The Cat Returns--


Suka kucing?? Nah, ni film berkisah tentang seorang wanita bernama Haru yang terjebak di suatu kerajaan kucing karena perbuatannya pernah menyelamatkan seekor kucing. Si raja kucing memaksa Haru untuk menikah dengan anaknya yang pernah ia selamatkan. Tentu si Haru ndak mau lah yaw secara dia ini manusia, bukan kucing. Akhirnya, muncullah Baron (ini kucing juga lho!!) dkk yang baik hati dan siap menyelamatkan Haru. Wah, jadi pingin ngingu kucing nih, hehe..


--Howl’s Moving Castle--


Kisah seorang pesulap bernama Howl yang sedang mengalami peperangan. Dalam usahanya, Howl dibantu oleh sebuah roh api bernama Calcifier yang menjadi jiwa & sumber energi Howl terutaama Moving Castlenya (sebuah rumah yang kliatan berantakan bgt tapi bisa berjalan). Howl juga bertemu seroang wanita cantik bernama Sophie yang setia membantunya, meskipun karena hal itu, Sophie dikutuk oleh pesulap lain menjadi seorang nenek-nenek. Alur ceritanya cukup rumit sih, tapi jujur, imajinasi & fantasi yang ditampilkan liaaar luar biasa!!


--Ponyo on The Cliff by The Sea--


Mirip dengan A Little Mermaid, yakni kisah seekor ikan bernama Ponyo yang ingin  menjadi manusia setelah ia bersahabat dengan anak laki-laki bernama Sousuke (baru 5 tahun lhoh usianya!!). Ponyo yang ternyata anak seorang dewi penjaga lautan harus mengalami konsekuesninya, yaitu ia akan hilang menjadi debu apabila Sousuke menaruh hati dengan wanita lain selain Ponyo. Ceritanya unyu dan anak-anak banget sebenere, tapi jadi rada aneh karena ada kisah cintanya.


--The Borrower Arriety--


Di adaptasi dari novel berjudul The Borrower, yakni julukan untuk manusia super kecil (seukuran jempol paling) yang hidup di rumah manusia & suka sekali “meminjam” (atau lebih tepatnya mengambil) barang milik manusia untuk keperluannya. Hukum borrower adalah tidak boleh terlihat manusia. Namun, di film ini seorang borrower bernama Arriety malah bersahabat dengan seorang laki-laki, meskipun karena perbuatannya itu ia hampir mencelakakan semua keluarganya. Nah, coba tengok dibawah lemari, siapa tau ada borrower lagi nongkrong di sana (yee, ndak mungkin lah, yang ada malah kecoa, ihh..!!)


Hoho!! Itulah sedikit gambaran beberapa film dari Studio Ghibli yang pernah saya lihat. Masih ada beberapa judul seperti : Laputa Castle in The Sky, Porco Rosso, Pom Pokko, Go Panda Go, My Neighbor Totoro, Tales from Earthsea, Lupin III, dll yang tak kalah kerennya dengan film-film di atas. Untuk uraian lebih lengkap setiap judulnya insyAllah akan diposting klo ada kesempatan, hehe.. Okee, selamat mencari dan menikmati filmnya, saatnya kembali ke dunia anak-anak yang sarat imajinasi dan penuh fantasi..!!! hehe.. ^^ Sayonara!!



2 komentar:

  1. haiii , aku suka sekali dengan animasi prosuksi ghilbi. sebagian aku sudah download tapi sebagian belum ..ada sarankah untuk mendownload animasu tsb. karena ditempat yang lama ( tempat aku download ) animasi ghilbi hanya beberapa saja. sooo ada saran kah... makasih dan berharap dikasih info heeheh. makasihhhh

    BalasHapus
  2. Makasih gan udah mau share, ini ane tambahin referensi film studio ghibli terbaik

    BalasHapus