"Bismillahiraahmanirrahim.., Perjuangan itu dirintis oleh orang-orang yg ALIM, diperjuangkn oleh orang-orang yg IKHLAS, dan dimenangkan oleh orang orang yang PEMBERANI.."

Suka Blog Ini..?

Selasa, 29 Januari 2013

Ketenangan & Kecerdasan - Zhuge Liang


Zhuge Liang_RedCliff

Pada zaman Dinasti Han dan Tiga Kerajaan (Three Kingdoms) pada tahun 220-280 M, Zhuge Liang yang merupakan Perdana Menteri dan ahli perang kerajaan Shu berkemah di Yang P’ing bersama pasukannya. Mereka harus mengirimkan sebagian dari pasukannya untuk membebaskan daerah Shu bagian timur.

Ia tinggal bersama sebagian kecil pasukan dan segala perlengkapan perangnya yang sangat minim. Setelah mendengar berita dari mata-matanya, Sima Yi, yang merupakan ahli strategi dari kerajaan Wei (rival kerajaan Shu), segera mengirim pasukannya ke Yang P’ing untuk menangkap Zhuge Liang.

Ketika pasukan Wei tampak, Zhuge Liang tidak panik, tapi segera memerintahkan pasukannya untuk mengibarkan panji-panji, bendera-bendera, menghentikan genderang perang, bahkan membuka ke empat pintu gerbang kotanya untuk meluaskan pandangan.

Beberapa orang dari pasukannya juga terlihat sedang menyapu jalanan dan memercikkan air untuk melenyapkan debu jalan. Sementara itu, Zhuge Liang tampak berada di menara pintu gerbang sambil memainkan kecapi dengan tenangnya.

Melihat pemandangan yang aneh itu, Sima Yi segera merasa curiga bahwa pasukan Zhuge Liang akan mengadakan serangan besar terhadap pasukannya. Oleh karenanya, ia menarik pasukannya dengan sangat tergesa-gesa untuk menghindari serangan Zhuge Liang.

Melihat reaksi itu, Zhuge Liang kemudian memulai rencana serangan yang sebenarnya. Ia menyatukan pasukan utama dan berkata kepada komandan staffnya, “Aku tahu Sima Yi memiliki sifat curiga dan ia pasti mengira bahwa aku sedang menyiapkan serangan terhadapnya. Sima Yi menarik mundur pasukannya di saat ia dapat dengan mudah menangkapku”.

Tidak dapat digambarkan betapa kecewanya Sima Yi, tatkala akhirnya ia tahu bahwa sebenarnya ia telah dibodohi oleh ketenangan dan kecerdikan Zhuge Liang.

okee!! keep calm and.., stay cool..^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar